Gili Ketapang – Ternyata Wisata Gili Tak Hanya Di Lombok


Gili Ketapang – Untuk mampu menikmati rekreasi Gili, bekerjsama tak perlu menciptakan kita jauh-jauh pergi ke Pulau Lombok yang terkenal dengan rekreasi Gili-nya. Di Pulau Jawa, tepatnya di Probolinggo terdapat wisata Gili berjulukan Gili Ketapang yang tak kalah eksotis dan cantik dengan Gili di Pulau Lombok.





Pasir pantainya yang berwarna putih bersih, keindahan pantainya yang masih alami, ditambah surga bawah lautnya yang menggoda memang menciptakan siapapun tertarik untuk terjun eksklusif mengeksplorasi lokasi wisata ini.





Ciri khas dari Gili Ketapang mampu dilihat dari ombaknya yang tenang dan air lautnya yang jernih. Wisatawan tak mesti berenang untuk menikmati keindahan kawasan ini, karena disini kita bisa menemukan hamparan pasir putih yang begitu luas.





Bahkan di beberapa tempat, pasir pantainya berwarna hampir pink atau merah muda. Selain itu, aktivitas snorkeling di Gili Ketapang juga menjadi tujuan para wisatawan, baik dari dalam negeri maupun mancanagera.






Mengenal Gili Ketapang





Gili Ketapang Probolinggo merupakan pulau kecil yang berlokasi di bagian Utara Probolinggo, jaraknya hanya sekitar 7 kilometer. Karena jaraknya yang tidak begitu jauh, pulau ini masih bisa kita lihat dengan terang dari Pelabuhan Kota Probolinggo.





diving




Luas tempat ini sekitar 68 ha, suatu pulau yang cukup luas dan dihuni kurang lebih 7.600 jiwa di dalamnya. Mayoritas warga yang tinggal di Pulau Gili Ketapang bermata pencaharian selaku nelayan yang melaut di perairan sekitar pulau, dan sebagian yang lain berprofesi sebagai pedagang yang mendirikan beberapa warung makan.





Awalnya pulau ini adalah spot memancing bagi wisatawan yang gemar memancing di area Jawa Timur. Kondisi lautnya masih sangat bagus dikarenakan nelayan yang masih menerapkan cara tradisional dikala melaut. Seiring dengan berjalannya waktu, kemajuan bidang pariwisata makin meningkat di daerah ini.





Ditambah lagi dengan keindahan bawah lautnya yang tidak kalah dengan spot snorkeling yang lain di Indonesia, membuat dinas Pariwisata Probolinggo terus menggenjot kesempatanrekreasi Pulau Gili Ketapang.





Satu hal yang hendak diingat turis yang berlibur ke Pulau Gili Ketapang yaitu kebersihan pulau yang terjaga dengan baik. Bahkan, kita tak akan mendapatkan sampah sedikit pun disini.





Pasir putihnya yang halus, higienis, dan lembut, menciptakan siapapun betah ketika duduk santai di hamparan pasir pantainya. Keasrian dan keteduhan pulau ini juga sungguh-sungguh tersadar dengan baik. Penduduk di daerah rekreasi ini juga populer ramah dan bersahaja, sehingga pelancong yang tiba merasa betah berlama-usang di tempat ini, seakan sedang berada di rumah sendiri.





Sejarah Gili Ketapang





Menurut dongeng turun temurun dari masyarakat setempat, dulunya Gili Ketapang ialah kawasan yang menjadi satu dengan daratan Probolinggo, yaitu dengan desa Ketapang dan hanya terpisahkan oleh sungai. Namun dikarenakan gempa balasan meletusnya Gunung Semeru, menimbulkan daratan tersebut terpisah hingga sejauh 5 mil dan menuju tengah lautan.





Daratan yang terpisah tersebut kemudian diberi nama Gili Ketapang. Nama ini memakai bahasa Madura, yang mana Gili memiliki arti “mengalir” dan Ketapang yakni nama desa pada ketika masih bersatu dulu. Sehingga jika diartikan, Gili Ketapang ialah Ketapang yang mengalir.





Hingga kini, banyak penduduk sekitar yang mempercayai jika pulau eksotis masih bergerak menjauh perlahan ke tengah lautan.





Rute Menuju Lokasi





Untuk menuju ke Pulau Gili Ketapang dapat ditempuh dengan mudah sebab lokasinya berada di tengah-tengah Provinsi Jawa Timur. Tepatnya di Desa Ketapang, Kec. Sumberasih, Kab. Probolinggo, Jawa Timur.









Terdapat banyak opsi transportasi umum yang bisa kita gunakan untuk menuju Probolinggo, mulai dari kereta api sampai bus. Bagi yang ingin menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil juga tak perlu khawatir, alasannya adalah jalanan menuju Probolinggo telah sangat baik.





Bagi yang memakai transportasi kereta api atau bus, dari Stasiun Kereta Api Probolinggo atau Terminal Bayu Angga Probolinggo, mampu melanjutkan perjalanan menggunakan mikrolet dengan rute menuju Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo.





Selanjutnya kita bisa menyebrang menggunakan perahu ke Pulau Gili Ketapang dengan waktu tempuh 1 jam. Harga tiket kapal penyeberangannya juga sungguh murah, hanya Rp 10.000 per orang saja.





Namun perlu dikenali, bila penyeberangan menuju Pulau Gili Ketapang ini tidak beroperasi 24 jam. Kapal kecil yang menyeberang hanya beroperasi mulai dari jam 08.00-16.00. Serta sebaliknya, kapal penyeberangan dari Gili Ketapang menuju Probolinggo beroperasi mulai dari jam 06.00-18.00.





Fasilitas Wisata





Kawasan wisata Gili Ketapang mempunyai fasilitas yang cukup lengkap selaku suatu daerah rekreasi yang hanya dikelola oleh masyarakat setempat. Fasilitas yang tersedia di daerah ini seperti toilet dan mushola sudah cukup higienis. Terdapat pula ayunan yang mampu digunakan untuk bermain ataupun sekedar berfoto.





Jika perut terasa lapar, di kawasan pulau ini tersedia warung-warung makan yang berjejeran dan menawarkan menu andalannya, ialah ikan bakar.





Disini kita tak hanya mampu bermain di pantai maupun bersnorkeling saja, daerah wisata ini juga menyediakan fasilitas hiburan lain, mirip banana boat dan berkeliling pulau memakai kapal yang layak untuk dicoba.





Snorkeling





Rasanya ini menjadi salah satu acara yang wajib dilaksanakan dikala berkunjung ke Gili Ketapang. Keindahan alam bawah bahari serta air lautnya yang jernih menciptakan turis mampu puas mengeksplor keindahannya.





Disini kita mampu menyaksikan binatang-binatang bawah maritim serta terumbu karang yang anggun. Kita juga mampu menyaksikan ikan nemo yang terkenal dan dijadikan karakter dalam suatu film.





gili ketapang




Tercatat terdapat 3 titik spot snorkeling yang diusulkan dikala berada di Gili Ketapang. Salah satu spot snorkeling berada di sisi selatan dan 2 lainnya berada di barat daya. Masing-masing jaraknya cuma 100 meter dari pantai.





Bagi turis yang belum terlalu terlatih dalam snorkeling tak perlu cemas. Warga sekitar pulau sudah sangat paham mengenai pariwisata setempat serta titik-titik yang dapat digunakan untuk berfoto.





Kita akan diajak dan ditawarkan untuk mengunjungi titik swafoto yang ada di tempat rekreasi ini. Titik swafoto ini dibuat menggunakan balok kotak sisi empat. Ada banyak macam goresan pena, misalnya “Selamat Datang Di Gili Ketapang”, “Kapan Kamu Berkunjung Ke Gili Ketapang”, serta masih banyak lainnya. Balok-balok ini telah diukur biar pas sesuai dengan kondisi terumbu karang. Sehingga spesies yang ada di bawah laut tetap tersadar baik.





Untuk bersnorkeling di Gili Ketapang, kita tidak perlu menenteng peralatan snorkeling dari rumah. Sebab, banyak paket rekreasi snorkeling yang menawarkan perlengkapan snorkeling secara lengkap. Kita hanya perlu memilih paket wisata mana yang sempurna dan sesuai dengan budget yang dimiliki.





Memancing Tengah Lautan





Bagi yang gemar memancing, jangan lewatkan untuk menangkap ikan-ikan besar yang ada di kawasan perairan Gili Ketapang. Disini ktia bisa mencicipi serunya memancing di tengah lautan.





memancing ikan tuna




Untuk mampu menikmati rekreasi memancing ini kita bisa naik kapal nelayan bertarif Rp 400.000 sampai Rp 500.000 per kapal. Namun jikalau spot yang dituju cukup jauh, lazimnya tarif akan naik sekitar Rp 800.000 hingga Rp 1.200.000.





Ada banyak jenis spesies ikan yang mampu ditangkap disini, mulai dari ikan kakap merah, ikan kerapu hingga ikan dorang. Bahkan bila kita mujur, mungkin saja kita akan menerima ikan-ikan berskala besar.





Wisata memancing lazimnya diakhiri dengan menikmati ikan bakar hasil tangkapan diatas perahu sembari menikmati panorama sunset Gili Ketapang dan tentunya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.





Menikmati Momen Matahari
Terbenam





Saat berlibur ke Gili ketapang, jangan lewatkan untuk menikmati momen matahari terbenam yang sangat indah. Salah satu spot sunset terbaik disini berada di bab ujung barat pulau. Tempat ini populer dengan nama Tanjung Love atau warga sekitar sering menyebutnya sebagai buntut kecebong alasannya adalah kalau dilihat dari atas bentuknya mirip mirip buntut kecebong raksasa.





Di spot ini, kita mampu menyaksikan keindahan matahari terbenam yang begitu memanjakan mata. Ditambah dengan hamparan pasir putihnya yang sungguh bersih menjadi perpaduan yang indah.





Wisata Sejarah dan Religi





Pulau kecil ini tak hanya menunjukkan rekreasi pantai dan keindahan bawah lautnya saja. Terdapat pula rekreasi lain dan memiliki nilai sejarah yang tinggi, adalah Goa Kucing





Tempat ini yaitu rumah dan terdapat goa di dalamnya yang merupakan makam Syech Isap, salah seorang ulama yang turut berperan membuatkan agama Islam disana. Tempat ini menjadi tempat hidup ribuan kucing, sehingga diberi nama selaku Goa Kucing.





Tak jauh dari Goa ini juga terdapat pantai yang anggun. Meskipun dipenuhi bebatuan karang, panorama alamnya terlihat anggun dan air lautnya yang berwarna biru jernih.





Tips Berkunjung ke Gili Ketapang





Bagi yang ingin berkunjung ke Gili yang ada di Probolinggo ini, berikut yaitu tips rekreasi yang dapat dilaksanakan, yakni:






  • Karena cuaca yang cukup panas serta sinar matahari yang begitu terik, tentukan untuk menenteng sunblock atau tabir surya




  • Akan lebih baik bila menyeberang ke saat pagi hari. Agar ketika melaksanakan snorkeling, cuaca di sekeliling tidak terlalu panas




  • Jika ingin lebih irit, kita dapat menenteng makanan ringan dari rumah atau kota asal




  • Tidak ada ATM yang beroperasi di Pulau Gili Ketapang, jadi tentukan untuk membawa duit cash yang cukup





Wisata Gili Ketapang dapat dijadikan wisata alternatif selain ke Pulau Bali atau Lombok. Disini kita mampu lebih berhemat namun tetap menerima pemandangan alam yang begitu hebat.









Akan tetapi, jangan lupa untuk selalu mempertahankan kebersihan dengan tidak mencampakkan sampah sembarangan selama mengunjunginya. Agar pulau ini terjaga dengan baik tanpa adanya sampah-sampah yang berserakan.





Bagaimana? Seru bukan berlibur di Gili Ketapang. Jangan sampai melalaikan untuk berlibur bersama keluarga atau teman-sahabat di tempat ini.


Comments

Popular posts from this blog

Lahan Gambut – Pengertian, Ciri, Jenis, Sebaran, Manfaat & Konservasi